Saturday, April 19, 2014

Mencari nilai rata-rata (average)

Ketemu lagi kawan-kawan :D akhirnya ada kesempatan untuk posting, okelah langsung saja, meneruskan postingan yang kemarin Menjumlah angka secara otomatis selanjutkan di postingan ini kita akan mencari nilai rata-rata dari penjumlahan kemarin. to the point… ada dua cara untuk mencari nilai rata-rata (mungkin teman-teman ada cara lain silahkan di share...)
Cara I menggunakan rumus AVERAGE
Average merupakan sebuah rumus fungsi yang disediakan oleh excel untuk mencari nilai rata-rata dari keseluruhan nilai yang sudah dimasukkan dalam tabel. Oke langsung kita praktek saja
1. Ketik “=AVERAGE(“  tanpa tanda petik pada kolom rata-rata seperti gambar di bawah

















2. Seleksi semua angka di kolom nilai















3. Selanjutkan tutup kurung dan tekan enter nilai rata-rata yag diinginkanpun keluar

















Cara II menggunakan rumus matematik
1. Klik di kolom rata-rata kemudian ketik “=” tanpa tanda petik diikuti dengan me-klik satu kali pada kolom jumlah

















2. Setelah itu ketik “/6” tanpa tanda petik
Keterangan :  tanda “/” jika dalam excel digunakan untuk membagi, angka 6 merupakan jumlah dari mata pelajaran yang digunakan untuk membagi
















 


Kemudian tekan enter















 


Kedua cara tersebut hasilnya akan sama, selanjutnya akan saya postingkan cara mencari nilai maximal & minimal pada tabel.
Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment